Cara Belajar Kalimat Tanya Bahasa Inggris - Pernak-Pernik Bahasa Inggris dan Kantor

Rabu, 30 September 2015

Cara Belajar Kalimat Tanya Bahasa Inggris

Sekarang kita belajar  Kalimat Tanya Bahasa Inggris ( Interogative) dalam bentuk Simple Present Tense , Didalam Membuat Kalimat Tanya,  ataupun kalimat negative seperti yang telah kita bahas dalam pelajaran yang  lalu , yang harus kita perhatikan adalah kata kerja bantu.


Ikuti saya dalam "Cara Belajar Kalimat Tanya Bahasa Inggris"

Ikuti saya dalam "Cara Belajar Kalimat Tanya Bahasa Inggris"


Saya ulangi lagi.  Didalam Bahasa Inggris, Kata kerja bantu (auxiliary verb atau helping verb) itu mutlak diperlukan dalam pembentukan sebuah kalimat negative maupun kalimat tanya.. Dibawah ini kita bisa lihat contoh pembentukan kalimat tanya dengan menggunakan to be (am, is are), dan kata bantu lainnya; can, may must.

Inilah Cara Belajar Kalimat Tanya Bahasa Inggris dalam bentuk  Simple Present Tense beserta cara menjawabnya;



       
Kata Kerja Bantu
Subject
Adjective
Noun
To Be



Are
Is
Is
Is
Are
Are
Are
you
he
Jane
lion
the workers
we
you


tired ?

busy today?

lazy or diligent?

interested

the marketing manager?

a  wild animal ?

members of the Labor Union?
in learning English ?


     Vocabulary :
    
     Tired                                 [taiəd]                        :   lelah
     Marketing Manager           [ma:ketiŋ menedʒə]   :   Menejer Pemasaran
     Busy today                        [bizi tudei]                 :   sibuk hari ini
     Lion                                   [laən]                         :   singa
     A wild animal                   [ə waild eniməl]         :   binatang buas
     Lazy                                  [leizi]                          :   malas
     Diligent                             [dilidʒənt]                   :   rajin
     Member                            [membə:]                     :   anggota
     Labor                                [leibə:]                         :   buruh, pekerja
     Union                                [uniən]                         ;   serikat
     Interested in                      [intərestid in]               :   berminat
     Learning English              [lə:niŋ iŋgliʃ ]              :   belajar Bahasa Inggris
Selanjutnya kalimat tanya dengan menggunakan kata kerja (verb 1 atau infinitive);

Contoh :

    
Kata Kerja Bantu
Subject
Verb 1
Object
Do/Does



Do
Does
Does
Do
you
your brother
the train
the soccer ball players
memorize
always drive
arrive
have

10 English words every day ?
slowly ?
on time ?
a practice every day ?

Can, May, Must



Can
May
Must
you
I
we
introduce
become
learn

your self ?
your English Tutor ?
English hard ?


Vocabulary :

Memorize                     [meməraiz}                   =   menghafalkan
English words             [iŋgliʃ wə:dz]                =  kata-kata Bahasa Inggris
Always drive slowly   [olweis draiv slouli]     =  selalu mengendarai mobil dengan lambat
The train                      [ðə trein]                       =   kereta api
arrive on time              [əraiv on taim]              =   tiba tepat waktu
soccerball players        [sokə: bol pleiə:z         =   pemain sepak bola
have a practice             [hæv ə præktis]            =   berlatih


Can you introduce your self ? [cen u introdus yo: self] = Dapatkah kamu
                                                                              memperkenalkan diri kamu sendiri?

May I become your English Tutor [mei ai bikam yo: iŋgliʃ tutə:] = Bolehkah saya menjadi pembimbing (guru) Bahasa Inggris Kamu atau  ( Izinkanlah saya menjadi guru Bahasa Inggris kamu )

Must I learn English hard ? [ mast ai lə:n : iŋgliʃ ha:d]  = Haruskah saya giat  belajar Bahasa Inggris

Harap diingat kembali penggunaan do dan does seperti yang telah kita pelajari dalam Belajar Bahasa Inggris Kalimat Negatif Simple Present
Selanjutnya, inilah cara menjawab pertanyaan dalam Kalimat Tanya Bahasa  Inggris Simple Present Tense ini.

Jawaban singkat :

Do you speak English ?  [du u spi:k iŋgliʃ]  = Apakah kamu berbicara Bahasa Inggris ?


Yes, I do     [ yes ai du]   = ya
No,  I  don’t  [nou ai dount]  = Tidak

Catatan don’t adalah singkatan dari do not

Jawaban panjang:

Yes, I speak English   [ yes, ai spi:k iŋgliʃ ]
No, I don ’t speak English [ nou, ai dount spi:k iŋgliʃ ]

Catatan : Can’t singkatan dari can not

Can your sister  pronounce  English well ?  [ken yo: sistə: prunauns iŋgliʃ wel} =  Dapatkah saudara perempuan kamu melafalkan Bahasa Inggris dengan benar ?

Jawaban singkat :

Yes, she can [yes, ʃi  ken]
 No, she can’t [nou, ʃi kant]

Catatan :   can’t singkatan dari can not

Jawaban Panjang:

Yes, She can pronounce it well [yes, ʃi ken prunauns it wel] = Ya, dia dapat melafalkan Bahasa Inggris dengan baik

No, She can’t pronounce it well [nou, ʃi kant prunauns it wel] = Tidak dia tidak dapat melafalkan Bahasa Inggris dengan baik.


Cobalah lihat vocabulary dalam pelejaran-pelajaran terdahulu, yaitu:

Dan coba terjemahkan kalimat-kalimat dibawah ini kedalam Bahasa Inggris.
“Saya seorang guru bahasa Inggris. Saya bukan lagi seorang pengusaha. Saya mengajar secara privat ke rumah –rumah murid-murid saya. Disamping itu sayapun mempunyai blog yang membahas mengenai Bahasa Inggris dan Kantor. Nama Blog saya adalah Pernak-Pernik Bahasa Inggris dan Kantor. Saya suka sekali menulis artikel-artikel mengenai Bahasa Inggris, kantor atau apapun  yang bermutu. Saya tidak ingin menyombongkan diri. Tetapi saya bangga , saya dapat membagi sedikit pengalaman saya kepada Anda. Saya berharap semua tulisan saya bermanfaat bagi kita semua. Apakah Anda berminat untuk belajar Bahasa Inggris ?  Cobalah lihat di artikel saya :


Apabila Anda menyukai pelajaran ini, tolong klik suka dan apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya didalam kolom komentar dibawah ini.

Salam Sejahtera bagi pembaca semua.


Author  : Atjeng Tanudjaja
Comments
0 Comments
='fb:admins'/>

Tidak ada komentar :