Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Nyaman - Pernak-Pernik Bahasa Inggris dan Kantor

Minggu, 30 Agustus 2015

Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Nyaman

S

alah seorang teman dekat saya suatu ketika datang ke kantor saya setelah usai aktifitas kantor (biasa untuk curhat). 

Belum juga dia duduk dikursi tamu diruangan saya, dia sudah nyeletuk ; 

“Saya sudah tidak betah kerja di kantor saya yang sekarang. Tolong kalau ada lowongan kerja buat saya di tempat kamu. Saya lihat lingkungan kerjanya nyaman dan damai. Tidak seperti di tempat kerja saya.”

                   
Lingkungan Kerja yang Nyaman
Lingkungan Kerja yang Nyaman


Saya sedikit terhenyak mendengar kata-katanya dan saya bertanya : 

“Memangnya kenapa ? Bukannya  ditempat kerja kamu sekarang gajinya besar dan prospek kedepannya bagus.”

“Aaah, barangkali kamu melihatnya dari Puncak, jadi kelihatannya bagus.”  Jawab teman saya.

Itulah sedikit pembicaraan dengan teman saya. Setelah teman saya pulang, dan karena saya masih harus menyelesaikan sedikit pekerjaan kantor dan memposkan  artikel baru saya "Cara Benar Melafalkanl Bahasa Inggris ", saya teringat kata teman saya tadi soal”“lingkungan kerja yang nyaman.”

Saya melihat ke sekeliling saya dan berpikir apakah benar pendapat teman saya tadi.
Saya, yang saat itu kebetulan menempati posisi Manager, tepatnya Marketing Manager, di perusahaan tempat saya bekerja, berpikir. “Hal lingkungan kerja ini bisa saya utarakan dalam pertemuan dengan team saya besok” dan saya mulai menuliskan pokok-pokok  bahasan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sebagai  berikut:

  1. Mulailah dari Diri Sendiri    
               -   Selidiki dan pelajari kelebihan dan kekurangan diri kita.
               -   Apakah kita sudah menghargai orang lain seperti kita menghargai diri kita sendiri?
               -   Apakah kita sudah memiliki disiplin kerja yang baik, salah satunya datang ke kantor                          tepat  waktu,  memanfaatkan waktu se efisien mungkin saat kerja di kantor?
               -   Apakah kita memiliki motivasi dan ambisi untuk berkembang dalam kemampuan                              kerja kita?
               -   Apakah kita memiliki loyalitas kepada perusahaan dimana kita bekerja?

         2.    Rencanakan perubahan yang harus dilakukan dengan matang
                Catat rencana-rencana yang akan dilakukan (Lebih detil lebih baik) dan kaji dengan
                matang.

        3.    Laksanakan rencana perubahan
                Rencana kalau tidak di implementasikan, namanya bukan rencana, jadi setiap
                rencana harus dilaksanakan.

4.    Berpikiran Positif
Sering sekali kata “Positif Thinking” ini didengungkan oleh pakar-pakar baik dalam tulisan maupun dalam seminar untuk memotivasi orang-orang.
Berpikirlah positif untuk diri anda sendiri, Berpikirlah positif untuk lingkungan kita, berpikir positiflah untuk segala hal.

Itulah Pokok-Pokok Bahasan yang saya tulis untuk Menciptakan Lingkungan yang Nyaman dalam blog ini,  yang singkatnya; 

·         Mulailah dengan diri sendiri.
·         Rencanakan perubahan.
·         Lakukan rencana perubahan.
·         Pikiran Positif

Semoga Tips dalam Pernak-Pernik Kantor ini  bermanfaat bagi Anda.


Bekasi, 4 Juni 2015

Penulis:  Atjeng Tanudjaja
Comments
0 Comments
='fb:admins'/>

Tidak ada komentar :